Cari Blog Ini

Senin, 20 Juni 2011

Unsur-unsur Evaluasi Pendidikan

Ada beberapa unsur yang termasuk dalam ruang lingkup evaluasi pendidikan, antara lain yaitu; subjek evaluasi, sasaran, dan instrumen atau alat evaluasi. Agar proses evaluasi dapat berjalan dengan baik, maka ketiga unsur ini harus saling dukung, serta memperhatikan prinsip-prinsip dalam evaluasi.

1. Subjek Evaluasi
Yang dimaksud subyek evaluasi adalah orang yang melakukan evaluasi (pelaku), dan evaluator ditentukan oleh aturan yang berlaku (Suharsimi Arikunto, 2007: 19). Contoh, dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa, subjek evaluasi adalah guru.
Suharsimi mengategorikan pelaksana evaluasi sebagai subjek evaluasi. Ada yang mengatakan subyek evaluasi adalah siswa, jadi yang menjadi obyeknya adalah seperti prestasi matematika, kemampuan membaca, dan lain-lain. Ada yang mengatakan lain lagi, yakni siswa sebagai obyek dan guru sebagai subjeknya.
2. Sasaran Evaluasi
Sasaran atau obyek evaluasi adalah segala sesuatu yang menjadi titik pusat pengamatan, karena penilai menginginkan informasi tentang sesuatu tersebut. Sasaran penilaian menurut Suharsimi meliputi input, transformasi, dan out put.
a. Input, yaitu calon siswa sebagai pribadi yang utuh. Ada beberapa aspek penilaian yang bersifat rohani, yaitu kemampuan (attitude), kepribadian (personality), sikap (attitude), dan intelegensi (intelegence).
b. Transformasi, unsur-unsur yang termasuk dalam transformasi antara lain; kurikulum/ materi, metode, dan cara penilaian, Sarana pendidikan/media, sistem administrasi, serta guru dan personel lainnya.
c. Out put atau lulusan suatu sekolah dievaluasi untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pencapaian/prestasi belajar mereka selama mengikuti program.
3. Alat evaluasi
Alat yaitu sesuatu yang digunakan untuk mempermudah seseorang dalam melakukan tugas atau mencapai tujuan secara lebih efektif dan efisien. Sedangkan alat evaluasi yaitu sesuatu yang digunakan untuk mengevaluasi agar diperoleh hasil yang lebih baik. Alat evaluasi sering disebut sebagai instrumen evaluasi, cara menggunakan evaluasi disebut teknik evaluasi. Teknik tersebut ada dua macam, yaitu teknik tes dan non tes

Tidak ada komentar: