Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 20 Juni 2011

Macam-macam Evaluasi Penilaian Pendidikan

KARAKTERISTIK EVALUASI
Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa, apakah ia berhasil dalam proses belajaranya, untuk mengidentifikasi apakah dia termasuk pandai, sedang, atupun kurang pandai diantara siswa yang lain. Maka, diperlukan penilaian terhadap gejala yang tampak dan memancar dari kepandaian siswa bukan kepandaiannya yang diukur.

Ciri-ciri penilaian dalam pendidikan, antara lain adalah sebagai berikut :
a. Ciri pertama dari penilaian pendidikan, yaitu bahwa penilaian dilakukan secara tidak langsung. contoh dalam mengukur kepandaian dilakukan melalui ukuran kemampuan menyelesaikan soal-soal.
b. Ciri kedua dari penilaian pendidikan yaitu penggunaan ukuran kuantitatif. Penilaian bersifat kuantitatif artinya menggunakan simbol bilangan sebagai hasil pertama pengukuran. Setelah itu diinterpretasikan kebentuk kualitatif.
c. Ciri ketiga dari penilaian pendidikan, yaitu bahwa penilaian pendidikan menggunakan, unit-unit atau satuan-satuan yang tetap, karena IQ 105 termasuk anak normal.anak yang lain hasil pengukuran IQ nya 80, menurut unik ukurannya termasuk anak dungu.
d. Ciri keempat dari penilaian pendidikan adalah bersifat relatif, artinya tidak sama atau tidak selalu tetap dari satu waktu kewaktu yang lain.
e. Ciri kelima yaitu dalam penilaian pendidikan sering terjadi kesalahan-kesalahan. Adapun sumber kesalahan dapat di tinjau dari berbagai faktor, yaitu
1) Terletak pada alat ukurnya
2) Terletak pada orang yang melakukan penilaian
3) Terletak pada anak yang dinilai
4) Terletak pada situasi dimana penilaian berlangsung

Tidak ada komentar: